Paroki Mamajang
Gereja Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga

Renungan 23 Agustus 2020

Saudara-saudari seluruh umat paroki Mamajang.
Selamat hari Minggu.
Hari ini kita pantas bersyukur karena sejak akhir Maret 2020 gereja ditutup untuk pelayanan perayaan ekaristi minggu.
Hari ini tanggal 23 Agustus 2020 pada hari Minggu Biasa XXI, gereja dibuka untuk kepentingan pelayanan Ekaristi Hari Minggu;
walaupun tetap menaati protokol kesehatan: pakai masker, cuci tangan/pakai hand sanitizer dan jaga jarak.
Saudara-saudari terkasih, bacaan kitab suci Injil pada hari ini (Mat 16:13-20) mengingatkan saya akan awal pelayanan saya di suatu paroki. Suatu ketika, saya dan kostor mengunjungi suatu stasi dalam pelayanan minggu. Stasi ini tidak memiliki gedung gereja karena jumlah KK hanya 4, walaupun mereka tersebar dalam satu kecamatan. Kami masuk di dalam kompleks persekolahan. Setelah kami bertanya-tanya, mereka menunjuk ke sebuah rumah guru. Nampak dari jauh rumah itu sepi. Tapi ternyata tuan rumah sudah melihat kami. Tuan rumah berpikir bahwa yang datang menuju rumahnya adalah kontraktor bangunan SMP. Karena mobil yang kami pakai sama dengan mobil kontraktor yang beberapa kali datang. Tetapi saat saya menyampaikan salam "selamat sore", tuan rumah mulai berpikir lain. Kalau dia itu kontraktor pasti dia menyapa "Assalamualaikum". Karena kebiasaan menyapa di wilayah tersebut, apalagi 99% beragama Muslim.
Saudara-saudariku terkasih, hari ini Yesus mengajak kita untuk mengenal Dia lebih dalam, lebih pribadi.
Banyak umat atau bahkan saudari-saudariku terkasih mengalami pengalaman yang meneguhkan; misalnya pada saat mengalami kesulitan di tanah rantau lalu ada yang membantu.
Peristiwa ini tidak saja dilihat sebagai bantuan sesama, tetapi sering dilihat pertolongan Tuhan. Sehingga pribadi tersebut menyebut Tuhan itu baik.
Saudara-saudariku semoga inspirasi bacaan hari ini memotivasi kita untuk mengenal Tuhan lebih dalam, lebih pribadi lewat peristiwa hidup yang kita alami.
Tuhan memberkati. Amin.


Renungan oleh Pastor Fanny Stephanus Manengkey, MSC
(https://www.facebook.com/jacjuli.manengkey)